Tamparan Untuk Pemerintah Sebab WNI Tidak Diterima Sejumlah Negara

Tamparan Untuk Pemerintah Sebab WNI Tidak Diterima Sejumlah Negara

Tamparan Untuk Pemerintah Sebab WNI Tidak Diterima Sejumlah Negara

BERKAHPOKER – Warga Negara Indonesia (WNI) dilarang untuk masuk ke Malaysia. Puluhan negara lain juga turut menutup pintu bagi warga negara Indonesia. Hal ini tak lain karena peningkatan jumlah pasien positif Virus Covid-19 meningkat drastis  setiap hari.

Economics Institute Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listyanto menilai penolakan oleh banyak negara terhadap kedatangan WNI merupakan suatu bentuk kritik terhadap Pemerintah atas upaya penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air. Menyusul semakin banyaknya masyarakat yang terpapar virus Corona jenis baru tersebut.

“Saya kira penolakan oleh WNI Itu sebagai bentuk jeweran terhadap upaya Pemerintah dalam menangani pandemi ini. Karena kan jumlah korbannya terus melonjak setiap harinya,” jelas dia.

Menurutnya penolakan oleh sejumlah negara mitra dagang Indonesia harus mendapatkan perhatian khusus, agar segera direspons dengan baik. Sebab jika dibiarkan terlalu lama, dia mengkhawatirkan kegiatan ekonomi ekspor-impor yang tengah digiatkan pemerintah dapat terancam.

“Apalagi kan dari aktivitas ekspor-impor selama ini mampu menyumbang hingga sebesar 30 persen terhadap PDB Indonesia. Akibatnya upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional dapat terganggu,” jelas dia.

Dampak buruk lainnya yang dikhawatirkannya ialah terjadinya penurunan kepercayaan pasar internasional akan keamanan produk barang ataupun aneka komoditas pangan asal Indonesia. Mengingat penyebaran virus mematikan di dalam negeri menjadi tidak terkendali.

“Karena kan dari 59 negara itu, mayoritas adalah negara mitra dagang yang selektif terhadap keamanan produk barang ataupun pangan dari paparan Covid-19. Saya kira ini penting untuk diperhatikan Pemerintah,” imbuh dia. AGEN POKER TERPERCAYA

Oleh karena itu, Pemerintah diminta lebih berusaha keras dalam memerangi pandemi Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia. Antara lain dengan percepatan realisasi program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) khususnya untuk penanganan kesehatan dan bantuan sosial bagi masyarakat terdampak.

Selain itu,Pemerintah Indonesia juga diminta lebih piawai dalam menetapkan skala prioritas dalam menyikapi pandemi. Misalnya dengan merelokasi anggaran program pengembangan pariwisata untuk program darurat penanganan pandemi Covid-19.

“Rasanya di situasi kedaruratan kesehatan ini, mau tidak mau Pemerintah harus membuktikan diri bisa memenangkan perang melawan pandemi. Maka menetapkan skala prioritas melalui relokasi anggaran juga menjadi penting,” tegasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, mengatakan penutupan pintu bagi warga Indonesia tak lantas membuat investasi surut. Sebab, pengusaha akan tetap jeli melihat peluang walau banyak tantangan.

“Ini menyangkut Covid-19 kondisinya harus kita ikhtiar bersama-sama. Dalam konteks bisnis, jangankan negara, pengusaha dalam musibah ada kita datang,” ujarnya dalam konferensi pers online, Jakarta, Selasa (8/9).

Bahlil menegaskan Indonesia adalah negara yang aman untuk berinvestasi. Untuk itu, dia optimistis, target investasi yang telah ditetapkan pada awal tahun pasti akan tercapai pada kuartal III-2020. AGEN POKER ONLINE

“Apa yang mau saya sampaikan Indonesia adalah negara investasi yang menjanjikan. Sekalipun dalam keadaan Covid, tapi saya sampai dengan hari ini optimis realisasi investasi InsyaAllah mencapai target,” tandasnya.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *