Kasus Kekerasan Polisi AS Terhadap Kulit Hitam

Kasus Kekerasan Polisi AS Terhadap Kulit Hitam

Kasus Kekerasan Polisi AS Terhadap Kulit Hitam

BERKAHPOKER  – Aksi kekerasan yang dilakukan oleh kepolisian Amerika Serikat terhadap warga kulit hitam sering terjadi. Kali ini, Jacob Blake merupakan seorang warga kota Kenosha menjadi korban penembakan yang dilakukan oleh polisi setempat.

Polisi menembak Jacob Blake ketika pria 29 tahun itu masuk ke dalam mobilnya. Kejadian itu terjadi pada Minggu 23 Agustus 2020 waktu setempat di Kenosha County, negara bagian Wisconsin. Aksi kekerasan oleh polisi AS yang sangat banyak menimpa warga kulit hitam di Amerika Serikat sudah beberapa kali terjadi, berikut 3 di antaranya:

1. George Floyd
Aksi kekerasan yang menimpa George Floyd terjadi belum lama ini. Pasca kejadian tersebut, demonstrasi terjadi di berbagai tempat bahkan hingga di luar Amerika Serikat. Kala itu, sebuah video yang diambil di tempat kejadian tidak menunjukkan bagaimana kerusuhan dimulai.

Video tersebut hanya menunjukkan seorang petugas kulit putih yang menggunakan lututnya untuk menjepit leher Floyd ke tanah. Dalam video tersebut, terdengar Floyd mengeluh, “tolong, aku tidak bisa bernapas” dan “jangan bunuh aku” karena orang-orang di sekitarnya mendesak petugas untuk melepaskanya pergi. AGEN POKER ONLINE

Dia berhenti bergerak dan ambulans datang untuk membawanya ke rumah sakit terdekat, tempat dia kemudian meninggal dunia. Usai kejadian tersebut, tagar #BlackLivesMatter pun muncul di berbagai platform media sosial.

2. Rayshard Brooks
Kematian Rayshard Brooks seakan menjadi pemicu usai kasus George Floyd. Pasalnya, ia juga merupakan pria kulit hitam yang tewas di tangan polisi AS. Bahkan, insiden kematiannya terjadi tak lama setelah kasus George Floyd terjadi.

Demonstrasi akan kematian Floyd yang belum sepenuhnya usai pun kembali memanas, terlebih setelah kejadian ini.

3. Eric Garner
Nama Eric Garner ikut dinaungkan dalam aksi demonstrasi pasca kejadian yang menimpa George Floyd. Garner ditangkap karena dicurigai menjual rokok secara ilegal pada 17 Juli 2014.

Dalam video penangkapan yang direkam oleh seorang pengamat, Pantaleo, yang berkulit putih, terlihat dengan lengan melingkari leher Garner saat mereka berpatroli di jalan di wilayah kota Staten Island. AGEN POKER TERPERCAYA

Pengacara petugas tersebut berpendapat bahwa kliennya menggunakan taktik yang disetujui untuk menangkap Garner. Saat petugas terus menahan Garner, ia yang kebetulan menderita asma dan berulang kali terdengar berkata: “Saya tidak bisa bernapas.” Kematian Eric Garner kemudian memicu demonstrasi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *