Harapan Jokowi Setelah Diresmikannya Bendungan Sindang Heula Banten

Harapan Jokowi Setelah Diresmikannya Bendungan Sindang Heula Banten

Harapan Jokowi Setelah Diresmikannya Bendungan Sindang Heula Banten

BERKAHPOKER – Bendungan Sindang Heula di Kabupaten Serang, Banten telah diresmikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini, Kamis (4/3/2021). Bendungan tersebut diyakini Jokowi bakal mampu mengendalikan banjir yang kerap menggenangi wilayah Serang dan sekitarnya.

Tak sekedar mengatasi banjir, Jokowi pun berharap Bendungan Sindang Heula mampu meningkatkan produktivitas para petani.

“Kita harapkan bendungan ini memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup. Sehingga, sekali lagi kita semakin produktif dan menjaga ketahanan pangan khususnya di di Provinsi Banten,” kata Jokowi seperti ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Bendungan Sindang Heula kini menjadi bendungan keempat yang telah diresmikan Jokowi. Sebelumnya ada Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Bendungan Napun Gete berlokasi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin.

Keempat bendungan ini merupakan bagian dari 18 bendungan yang diharapkan Jokowi mampu mengatasi banjir, irigasi, pengairan, dan menjaga ketersedian air di daerah masing-masing.

Berikut sejumlah harapan Jokowi pada Bendungan Sindang Heula setelah hari ini diresmikan:

1. Mampu Kendalikan Banjir di Serang
Banjir yang kerap menggenangi wilayah Serang dan sekitarnya menjadi salah satu alasan mengapa Bendungan Sindang Heula dibangun.

Perlu diketahui dalam kurun waktu lima tahun terakhir hingga 2020 kemarin, ada 18 bendungan yang telah rampung pengerjaannya di sejumlah wilayah di Tanah Air. Salah satunya Bendungan Sindang Heula.

Jokowi mengatakan bendungan ini dapat mengendalikan banjir akibat luapan Sungai Ciujung dan Cidurian yang kerap menggenangi Kabupaten Serang.

“Bendungan ini juga bermanfaat untuk pengendalian banjir dengan mereduksi, mengurangi banjir 50 meter kubik per detik. Dari meluapnya yang biasanya sering meluap yaitu, Sungai Ciujung dan Sungai Cidurian yang sering menggenangi daerah Kabupaten Serang dan sekitarnya,” jelas Jokowi seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis siang. AGEN POKER ONLINE

2. Meningkatkan Produktivitas Pangan
Selain itu, Bendungan Sindang Heula juga dinilai memiliki banyak manfaat untuk penduduk setempat. Salah satunya, meningkatkan produktivitas pertanian di Serang dan sekitarnya.

Jokowi mengatakan dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik, Bendungan Sindang Heula dapat menyalurkan irigasi ke 1.280 hektare sawah yang ada di Serang dan Banten. Sehingga, keberadaan bendungan ini dapat berdampak positif untuk para petani.

“Kita harapkan bendungan ini memberikan nilai tambah yang besar bagi para petani di Banten dalam menjamin ketersediaan air yang cukup. Sehingga, sekali lagi kita semakin produktif dan menjaga ketahanan pangan khususnya di di Provinsi Banten,” kata Jokowi saat meresmikan Bendungan Sindang Heula, seperti ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

3. Mampu Sediakan Air hingga 0,80 Meter Kubik per Detik
Bendungan yang dibangun pada 2015 ini juga mampu menyediakan air baku hingga 0,80 meter kubik per detik.

Hal ini dinilai mantan Wali Kota Solo tersebut akan sangat bermanfaat untuk daerah-daerah industri berkembang yang ada di Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.

“Ini sudah mulai digunakan oleh provinsi separuhnya 0,40 meter kubik per detik,” ucap Jokowi.

4. Pembangkit Tenaga Listrik
Tak hanya itu, dia menuturkan bendungan ini berfungsi sebagai pembangkit listrik dan dapat menghasilkan 0,40 megawatt.

Jokowi meminta pemerintah daerah untuk betul-betul menjaga Bendungan Sindang Heula dengan baik.

“Saya minta pemerintah daerah dan masyarakat menjaga dan memanfaatkan Bendungan ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kita,” tutur Jokowi.

5. Dapat Dijadikan sebagai Lokasi Destinasi Wisata Baru
Selain itu, bendungan ini dapat dimanfaatkan sebagai konservasi dan pariwisata. Jokowi meminta konservasi sekitar bendungan dijaga agar ketersediaan air semakin meningkat. AGEN POKER TERPERCAYA

“Kita jaga konservasi di sekitar waduk sehingga air waduk kita harapkan nanti semakin tahun semakin naik dan manfaatnya bisa kita gunakan untuk masyarakat di Provinsi Banten,” ujar dia.

Dia menilai Bendungan Sindang Heula juga dapat dijadikan sebagai lokasi destinasi wisata baru di Banten. Jokowi menyebut destinasi wisata tersebut tak hanya menarik wisatawan lokal, namun juga wisatawan luar Provinsi Banten.

By ichigo